Blue Moon Bakal Terjadi, Begini Penjelasan Peneliti Antariksa Di Indonesia

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Weekend ini, kita akan menyaksikan fenomena Bulan Biru atau Blue Moon. Namun hakikatnya bulan itu tak benar-benar berubah menjadi warna biru.

Dikutip dari akun Instagram LAPAN, Salah satu peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Andi Pangerang menjelaskan asal-usul historis istilah ini dan dua definisi yang berbeda mengenai Bulan Biru.

“Pertama Bulan Biru Musiman yakni bulan purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali bulan purnama”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

“Kedua adalah Bulan Biru bulanan, yakni bulan purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali Bulan Purnama”, tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa asal-usul historis istilah ini dan dua definisinya, sebenarnya masih simpang siur dan kebanyakan pihak menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi.

“Banyak orang meyakini istilah ‘Bulan Biru’ yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka berasal dari ketika kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi mengubah Bulan menjadi berwarna kebiruan”, terangnya.

Menurutnya, Bulan Biru Bulanan dapat terjadi jika Bulan Purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi. Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29,53 hari lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi.

Sedangkan Bulan Biru Musiman terjadi sedikit lebih jarang dari pada Bulan Biru Bulanan dalam 1100 tahun antara 1550 dan 2650, ada 408 Bulan Biru Musiman dan 456 Bulan Biru Bulanan.

Dengan demikian baik musiman maupun bulanan, Bulan Biru terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun.

“Fenomena ini akan terjadi kembali pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027 mendatang.” Tutupnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fatan

Pos terkait