Daerah

Geram! Ketersediaan Obat Kosong, Jokowi Telpon Menkes Saat Cari Obat

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tiba-tiba blusukan ke apotek di Kota Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Jokowi ke lokasi untuk mengecek ketersediaan obat Covid-19.

Blusukan Jokowi kali ini terungkap dalam sebuah video yang diunggah Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021).

Dalam video berdurasi 4 menit itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut mendatangi sebuah toko obat atau Apotek Tanpa penjagaan yang ketat, kedatangan Jokowi langsung disambut oleh petugas apotek.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi hendak menanyakan sejumlah obat namun obat yang dimaksud ternyata kosong sejak sepekan terakhir.

Karena menemukan banyaknya kekosongan obat, Mantan Gubernur DKI itu segera menghubungi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin guna mengonfirmasi alasan stok obat yang kosong.

“Stok enggak ada sudah seminggu lebih. Terus vitamin D3 yang 5.000 IU juga enggak ada. Ini saya yang dapet hanya multivitamin yang mengandung zinc, hanya itu. Suplemen juga, suplemen apa… ini ada yang D3 ada, tapi yang 1.000 IU. Hanya ini aja,” lanjut Jokowi.

“Kemudian yang suplemen yang kombinasi multivitamin ada. Jadi yang lain-lain, obat antivirus, antibiotik enggak ada semuanya,” sambung Jokowi.

“Di Ibu Kota Bogor ya pak ya,” tanya Budi.

“Iya, iya. Ini apoteknya Villa Duta,” kata Jokowi.

“Mohon maaf ya pak, karena saya ada catatan pak Presiden kita sudah ada yang online saya barusan cek ya pak. Misalnya untuk Favipiravir di apotek Kimia Farma Tajur Baru ada 4.900. Apotek Kimia Farma Juanda 30 ada 4.300, Kimia Farma di Semplak Bogor 4.200,” jawab Budi.

“Jadi nanti saya double check ya. Nanti saya kirim ke ajudan bapak, itu ada data online yang ada di rumah sakit. Nah itu bisa dilihat by kota segala macem. Apoteknya Kimia Farma, Century, Guardian, K24,” katanya

“Di situ ada semuanya,” tanya Jokowi lagi.

“Ada. Online. Bisa dibaca oleh semua rakyat pak,” jawab Budi.

“Oke saya ke sana saja. Saya beli itu coba. Ada enggak,” kata Jokowi.

“Boleh pak silahkan,” jawab Budi.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fatan

Geram! Ketersediaan Obat Kosong, Jokowi Telpon Menkes Saat Cari Obat
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top