Pengamat Politik : Duet Rasak dan Sulolipu Berpeluang Menangkan Pilwali Kendari

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Pemilihan Walikota (Pilwali) 2024 mendatang masih terbilang cukup lama, namun sejumlah pihak tengah menyatakan kesiapannya untuk maju pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Salah satunya, Abdul Razak dan Andi Sulolipu yang telah menyatakan bakal berpasangan untuk maju sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari, pada pemilu 2024 mendatang.

Melihat peta persaingan di kota Kendari, Pengamat politik Sultra yakni Najib Husain mengatakan bahwa keduanya berpotensi memenangi pilwali 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada empat alasan mengapa keduanya memiliki peluang besar melanjutkan kepemimpinan Sulkarnain-Siska Karina Imran.

Pertama, adalah massa pendukung keduanya berbeda. Kekuatan Abdul Razak ada di dapil Abeli namun kelemahannya di dapil Kendari Barat.

“Dan Kendari Barat itu adalah wilayah partisipan Andi Silolipu,” ungkapnya.

Yang kedua, Abdul-Razak dan Andi Solulipu hingga saat ini mendapatkan dukungan yang cukup kuat dari dua Partai yakni Partai Nasdem dan Partai Gerindra sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan.

“Tentunya alasan ketiga dengan konfigurasi etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis”, terangnya.

Alasan terakhir bebernya ialah kedua pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

“Tapi, yang catatan penting karena pasangan ini sangat awal mengsosialisasikan diri sehingga perlu mengatur irama dan cerdas dalam memainkan isu,” tutupnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fitho

Pos terkait