Sosialisasikan Regulasi dan Moderasi Beragama, FKUB Terdepan Rawat Kerukunan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Regulasi dan Moderasi Beragama di Aula Pertemuan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (1/5/2021) Pagi.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama untuk Sultra Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat” dibuka langsung oleh Bapak H. Lukman Abunawas selaku Ketua Dewan Penasihat FKUB Sultra.

Dalam Sambutannya, Orang nomor dua di Sultra ini memaparkan bagaimana FKUB sejak terbentuk, kondisi kerukunan dan kondisi keamanan di Sultra tidak pernah ada konflik antar umat beragama. Pasalnya, keberadaan FKUB punya peran sentral agar dapat mencegah potensi konflik sosial maupun beragama.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, ini menandakan kondisi stabilitas kamtibmas dan kondisi kerukunan umat beragama di sultra cukup berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan akan berjalan dengan baik, Penyelenggaraan Pemerintahan akan berjalan efektif dan efisien dan pelayanan akan maksimal apabila terjalin kerukunan antar umat agama dengan baik.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa berdasarkan Pancasila, tentu semua umat beragama yakin bahwa Pancasila sebagai dasar Negara kita yang mampu mempersatukan semua umat beragama dan berbagai suku di indonesia”, terangnya.

Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, tugas FKUB sendiri meliputi, pertama melakukan dialog antara tokoh masyarakat dan pemuka agama, kedua menyerap aspirasi ormas keagamaan dan aspirasi masyarakat dan ketiga yaitu menyalurkan aspirasi ormas dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi yang nantinya dapat dipertimbangkan dalam mengeluarkan kebijakan Gubernur.

Ia berharap bahwa sebagai umat beragama kita harus saling menghargai keberagaman dan menghormati antar sesama.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fitho

Pos terkait