Jenis Kuliner Yang Tepat Untuk Usaha Selama Bulan Ramadhan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Bulan Ramadhan termasuk momen yang sangat tepat untuk berjualan atau berusaha kuliner. Entah kenapa dibulan puasa, justru kuliner makin banyak yang cari dan para penjual semakin bertambah pada saat bulan Ramadhan.

Mungkin karena pada bulan ini memang bulan istimewa bagi umat Islam, sehingga banyak yang ingin mencari beragam makanan setelah seharian berpuasa. Sehingga apapun yang dijual hampir semuanya laris terjual pada saat menjelang berbuka, maka peluangnya sangat besar untuk berbisnis kuliner.

Bulan Ramadhan atau bulan puasa yang merupakan bulan istimewa dan bulan penuh berkah bagi umat Islam yang menjalankan juga memberi keberkahan tersendiri bagi pengusaha kuliner yang ingin sukses menjajakkan dagangannya. Karena sepertinya memang bulan Ramadhan inilah yang sangat cocok untuk menjalani usaha kuliner.

Bacaan Lainnya

Keberkahan bulan Ramadhan memang mengikuti semua penjual makanan yang menjalankan bisnisnya di bulan tersebut. Sampai ada anggapan kalau bulan Ramadhan memang waktu yang sangat pas untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis kuliner.

Berikut adalah beberapa daftar peluang usaha kuliner Ramadhan yang bisa menjadi rekomendasi jika kamu bingung mau mencoba usaha apa di bulan Ramadhan:

• Aneka Kolak
Ini adalah salah satu ciri khas kuliner yang muncul pada saat bulan Ramadhan. Banyak orang yang sebelumnya tidak pernah berjualan, akhirnya mencoba berjualan jenis makanan yang satu ini. variasi aneka kolak pun beraneka ragam. Mulai dari kolak pisang, kolak ubi ataupun kolang-kaling. Aneka kolak ini sering dibuat untuk sajian berbuka puasa, bahkan di acara-acara buka puasa bersama di kantor ataupun gathering.

• Aneka Gorengan
Nah, untuk kuliner kali ini memang sangat pas untuk di segala momen. Apalagi pada saat bulan Ramadhan, gorengan memang makanan paling mudah dijual. Sehingga aneka gorengan menjadi peluang usaha kuliner Ramadhan yang murah. Makanan sederhana ini juga paling mudah didapat untuk dimakan pada saat berbuka bersama minuman manis. Karena sangat banyak yang mencoba berjualan gorengan khususnya pada saat bulan puasa tersebut.

• Kue Basah
Kuliner kue basah juga menjadi makanan favorit yang banyak dijual di sepanjang jalan pada bulan Ramadhan. Makanan ini kadang dijual berbarengan dengan aneka kolak ataupun gorengan. Variasinya sangat banyak, mulai dari lontong isi, risoles, kue-kue jajanan pasar seperti kue dadar gulung dan masih banyak lagi. Dan anehnya, biarpun hampir di sepanjang jalan berjualan makanan ini tetapi hampir semuanya laris terjual.

• Lauk Matang
Mungkin banyak yang tidak sempat memasak makanan matang untuk dimakan pada waktu sahur dan berbuka, sehingga menjadi peluang usaha bagi penjual kuliner untuk menjual lauk matang yang dijual pada saat berbuka terutama pada saat sahur. Bahkan, ada juga yang membuka katering khusus yang menyediakan makanan sahur ataupun berbuka puasa.

• Macam-macam Makanan Minuman Menyegarkan
Kali ini, jenis kuliner yang juga sering ditemukan pada saat bulan Ramadhan adalah berasal dari makanan minuman. Artinya, sejenis minuman manis dingin menyegarkan yang memiliki isian yang banyak dan mengenyangkan. Jenis kuliner inilah yang juga menjadi peluang usaha kuliner Ramadhan terlaris terutama pada saat berbuka puasa. Contohnya seperti sop buah, es cendol, es campur, es pisang ijo, es cincau dan masih banyak jenis lainnya.

• Aneka Kue Lebaran
Peluang usaha kuliner Ramadhan online yang muncul di kepala kita sudah pasti aneka kue lebaran. Karena kue lebaran yang paling mudah untuk dijual secara online. Lebaran adalah hari raya besar umat Islam yang merupakan perayaan dari keberhasilan bulan Ramadhan satu bulan penuh. Biasanya banyak orang yang membuat kue-kue untuk hari raya lebaran ini sebagai makanan yang akan disajikan kelak saat tamu dari keluarga atau sanak saudara berdatangan berkunjung. Variasi kue lebaran sangat banyak, mulai dari kue nastar yang paling umum dan paling banyak dibuat hingga kue keju ataupun kue coklat tergantung selera. Sehingga karena peluang usaha yang besar tersebut membuat banyak para penjual kue yang bermunculan.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Pos terkait