Daerah

Bea Cukai Kendari Gelar Operasi Gempur Rokok Ilegal

LANGITSULTRA.COM | KONAWE – Bea Cukai Kendari melaksanakan kegiatan Operasi Gempur Rokok Ilegal dan sosialisasi rokok ilegal di wilayah Kabupaten Konawe dengan menggandeng Satpol PP Kab. Konawe, Senin (29/03/2021).

Sebagai fungsi Community Protector, Bea Cukai sering kali dihadapkan dengan maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran. Peredaran rokok ilegal ini tentunya akan membuat fungsi cukai sebagai instrumen guna pengendalian konsumsi dan peredaran, serta fungsi penerimaan negara menjadi tidak efektif.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan kepada para pegawai pemerintahan serta juga masyarakat mengenai rokok ilegal, sehingga jika menjumpai adanya rokok ilegal segera dilaporkan kepada bea cukai terdekat agar segera ditindaklanjuti.

Tim dibagi menjadi 2 untuk menyisir grosir-grosir besar di kabupaten Konawe, terhitung ada 15 titik yang didatangi untuk mengidentifikasi adanya pedagang yang menjual rokok ilegal. Namun, tidak didapati adanya peredaran rokok ilegal di daerah tersebut.

Hari Puspo selaku Kasi Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Kendari mengatakan kegiatan ini merupakan pengawasan rutin dari program bea cukai dan juga kita turun untuk mensosialisasikan terkait rokok ilegal.

“Hari ini kami bersinergi dengan Satuan Polisi Pamong Praja melaksanakan kegiatan bersama dalam rangka “Operasi Gempur Rokok Ilegal”, selain melakukan pengawasan kita juga melakukan edukasi ke pedagang – pedagang agar bisa membedakan mana rokok yang dilekati pita cukai asli dan yang palsu sehingga para pedagang dapat menolak apabila ada oknum yang akan menitip rokok yang diduga ilegal”, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasatpol PP Kab. Konawe Herianto Wahab mengungkapkan kerja sama ini bisa terjalin dengan baik agar kedepannya dalam upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Konawe lebih maksimal.

“Kami menyambut positif kegiatan ini dan kami harap kegiatan seperti ini antara Bea Cukai Kendari dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Konawe bisa terjalin terus kedepannya, apalagi ini menyangkut penerimaan Negara tentu kami siap membantu Bea Cukai Kendari”, terangnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Bea Cukai Kendari Gelar Operasi Gempur Rokok Ilegal
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top