Daerah

Beri Bimbingan, Rutan Kelas 2B Unaaha Menata SDM Warga Binaan

LANGITSULTRA.COM | KONAWE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas 2b Unaaha Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara tak hanya memberikan pembinaan kepribadian namun juga pembinaan keterampilan yang bertujuan untuk bekal kepada warga binaan pasca menjalani masa hukuman.

Rutan tersebut terus berinovasi dalam memberikan keterampilan kepada warga binaannya. Pembinaan yang diberikan yakni bimbingan kepribadian dan Keterampilan.

Dimana para warga binaan tersebut secara rutin di berikan bimbingan baca tulis Al-Qur’an, mengingat rutan kelas 2b unaaha pempunyai program buta baca tulis alquran sehingga warga binaan yang telah menjalani masa hukuman di pastikan mengetahui baca tulis alquran.

Tujuan dari pembinaan mental dan prilaku melalui bimbingan kepribadian yakni agar para warga binaan menyadari kesalahan sehinga dapat menata masa depan yang lebih baik.

Pembinaan tersebut merupakan program kegiatan yang dilakukan secara teratur dan terencana untuk warga binaan guna memperoleh serta meningkatkan pengetahuan keterampilan dengan melalui tindakan yang sifatnya mengarahkan, membimbing dan mengawasi.

Kepala Rutan kelas 2b Unahaa Herianto mengatakan tujuan utama pemberian bimbingan keterampilan dan kepribadian yakni untuk mengubah sikap para warga binaan ke arah yang positif dan berkualitas.

“Jadi pembinaan yang diberikan kepada warga binaan kiranya menjadi modal untuk mereka kedepannya setelah menyelesaikan masa tahanannya sehingga mereka bisa berfokus pada keterampilan yang sudah dipelajarinya selama di dalam tahanan”, terangnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan di rutan tersebut mengatakan dirinya merasa bersyukur selama menjalani masa hukuman di rutan kelas 2b unaaha, dirinya mendapatkan berbagai bimbingan.

“Bimbingan keterampilan yang telah kami terima, nantinya akan dikembangkan terlebih lagi kami selama ini belum memiliki keterampilan khusus”, ucapnya.

Rutan tersebut saat ini dihuni sebanyak 235 warga binaan juga memberikan bimbingan keterampilan pembuatan mobiler seperti lemari dan juga rak bunga.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Beri Bimbingan, Rutan Kelas 2B Unaaha Menata SDM Warga Binaan
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top