Gelar Unjuk Rasa, Pemuda Lira Sultra Sambangi Kanwil Kemenkumham Sultra

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Massa yang tergabung dalam Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sulawesi Tenggara kembali mendatangi kantor wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara guna mendesak agar kepala Rutan kelas 2b Unaaha dicopot.

pasalnya salah satu narapidana di rutan kelas 2b unaaha diduga beberapa kali kedapatan berkeliaran di luar lingkungan rutan kelas 2b unaaha sangat bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Rumah Tahanan Negera (Rutan) merupakan tempat tersangka atau terdakwa di tahan selama proses penuntutan hanya saja beberapa pekan yang lalu publik dihebohkan dengan kabar tentang adanya napi diduga keluar dari rutan tersebut.

Bacaan Lainnya

menanggapi hal tersebut, Massa yang tergabung dalam pemuda LIRA Sultra mendatangi kantor wilayah Kemenkumham. Dalam orasinya pemuda LIRA Sultra menjelaskan setiap narapidana dan tahanan wajib mematuhi tata tertib Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) dan Rumah Tahanan ( Rutan ).

untuk itu, Sartito selaku Ketua Pemuda LIRA Sultra mengatakan kepala kantor wilayah kemenkumham segera mencopot kepala Rutan kelas 2b unaaha.

“Tindakan tersebut menujukkan pihak Rutan memberikan keistimewaan pada napi tersebut”, jelasnya.

sementara itu, Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba mengatakan dirnya sangat mengapresiasi Pemuda Lira Sultra yang turut memantau kemenkumham sultra. Untuk itu pihaknya telah menginstruksikan agar permasalahan yang disampaikan oleh pemuda Lira tengah dalam pemeriksaan di rutan kelas 2b unaaha.

“nantinya hasil pemeriksaan itu akan diumumkan dan diberikan sanksi yang jelas sesuai dengan peraturan yang berlaku”, tutupnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Pos terkait