Jadi Kampung Tangguh, Kelurahan Tobuuha Jaga Ketahanan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda ) Sulawesi Tenggara ( Sultra ) mengunjungi salah satu Kampung Tangguh yang ada di Kelurahan Tobuuha, Kec. Puuwatu, Kota Kendari pada Rabu, (24/02/2021).

Keberadaan kampung tangguh mendapat respon positif dari warga setempat. Adanya kampung tangguh sendiri merupakan pilar dari tiga ketahanan yakni, Kampung Berbasis Ketahanan Kesehatan, Ketahanan Keamanan dan Ketahanan Ekonomi.

Tujuan utama dibentuknya kampung tangguh ini agar masyarakat aware (peduli) dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Adanya kampung tangguh juga mendorong masyarakat lebih proaktif mengelola lingkungannya.

Bacaan Lainnya

Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya Selaku Kapolda Sultra Menuturkan “Saya sangat mengapresiasi perkembangan kampung tangguh yang ada di Kelurahan Tobuuha ini karena masyarakat disini begitu proaktif dalam mengelola lingkungannya”, tuturnya.

Selain Berkunjung, Kapolda sultra juga memberikan Bantuan Dana berupa Modal Usaha kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) setempat yang membuka Usaha – Usaha Rumah Tangga, Pertanian Sayur Mayur serta Perikanan Air Tawar.

Sementara itu, Lurah Tobuuha, Arianto Menegaskan “Pencanangan Kampung Tangguh ini bentuk upaya mendorong keterlibatan masyarakat untuk berinisiatif dalam hal kemandirian”, tegasnya.

hal senada juga diungkapkan Faradilla selaku Ketua Dasa Wisma “Alhamdulillah di RT ini, kita bisa jalani, membantu menatasi persoalan ekonomi melalui kelompok usaha bersama”, ungkapnya.

“Hasil Panen bisa juga untuk dijual ke warga sekitar dengan harga terjangkau dan hasil dari penjualan bisa digunakan sebagai modal usaha membeli bibit”, tutupnya.

Tim Liputan : Fatan
Editor : Abdi

Pos terkait