Gratiskan Pemeriksaan Kesehatan, Relawan ASR Bombana Sambangi Warga Pesisir

LANGITSULTRA.COM | BOMBANA – Ragam cara yang bisa dilakukan guna turut serta memberikan perhatian terhadap warga masyarakat yang berada di pinggiran kota, seperti yang Relawan Aku Sayang Rakyat (ASR) Kabupaten Bombana helat di Kelurahan Lampopala, Kecamatan Rumbia, Rabu (17/2/2021).

Muh. Anis selaku Koordinator Relawan ASR Kabupaten Bombana mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiatif Pangdam XIV/ Hasanuddin, Mayjend TNI Andi Sumangerukka untuk hadir secara langsung membantu memudahkan warga yang kesulitan memeroleh pelayanan kesehatan selama masa Pandemi Covid-19 akibat rutinitas mereka.

“kegiatan ini selayaknya dihadiri langsung oleh Pangdam XIV/ Hasanuddin, namun karena adanya kegiatan lain yang juga bersama masyarakat telah terjadwal sehingga beliau batal hadir dan Insya Allah pada kegiatan berikutnya yaitu sosialisasi Prokes, Sunatan Massal dan Dialog langsung bersama kaum milenial yang akan diadakan dalam waktu dekat ini beliau bakal hadir”, Ujarnya.

Bacaan Lainnya

Anis Menambahkan, “Usai Kegiatan Sosialisasi Prokes, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan kepada para warga, pembagian obat obatan, masker dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta pembagian uang tunai. Ini bertujuan untuk mencegah dan mempertahankan masyarakat nelayan dari penyebaran covid-19”, Tambahnya.

Adapun materi sosialisasi prokes yaitu mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan 3M yaitu Memakai masker ketika beraktifitas diluar rumah, menjaga jarak jika dikeramaian dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir.

“Mematuhi protokol kesehatan adalah hal yang penting, karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya

Di waktu yang sama, Yuna sebagai salah satu peserta sosialisasi mengucapkan rasa sukur dan terima kasih atas hadirnya pelayanan kesehatan gratis oleh Relawan ASR di wilayahnya itu, ia menyebut hal tersebut sangat membantu dikarenakan banyaknya kesibukan dirinya sehingga tidak sempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

“Sayakan ibu rumah tangga, selain mengurus anak saya juga bantu suami mengerjakan hasil tangkapannya di laut, sehingga kegiatan ini sangat membantu masyarakat nelayan, walaupun saya tidak mengenal Pak Pangdam ASR, tetapi saya merasa berterimakasi atas bantuannya ini”, Ucapnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Pos terkait