Daerah

Lurah Tobuuha Cegah Penularan COVID-19 Lewat GERMAS

LANGITSULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) yang dirangkaikan dengan Launching kampung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Minggu (10/1/2021) pagi.

Program GERMAS sejalan di masa pandemi, pola hidup bersih dan sehat menjadi kunci menekan penyebaran COVID-19 mengingat hingga kini vaksin masih dalam proses pendistribusian. Dengan demikian, penerapan program GERMAS dapat meminimalisir dan mencegah kian masifnya penyebaran COVID-19 akan lebih maksimal bila ada keterlibatan masyarakat secara aktif.

Kepala Keluurahan Tobuuha, Arianto mengatakan semoga RT dan RW lainnya bisa membuat kegiatan serupa di wilayah masing-masing, “aktivitas ini dalam rangka memberi edukasi dan menjaga kesehatan masyarakat, khususnya di RT 01 ini setiap rumah kita sudah menyiapkan tempat sampah dan sarana cuci tangan”, ujarnya.

Hal itu sesuai dengan tiga poin penting dalam GERMAS terkait pencegahan penularan COVID-19, yakni peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, pangan sehat dan bergizi, serta edukasi hidup sehat.

“Semoga dengan GERMAS ini bukan hanya menjadi gerakan simbolis tapi dapat menjadi rutinitas warga” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat memiliki tanggung jawab dan peran yang cukup penting. Warga juga diharapkan saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.

Kepala Puskesmas Puuwatu, dr. Fatma Ayunita, menuturkan untuk sosialisasi penerapan GERMAS kami fokuskan tiga poin penting. “Pemeriksaan Kesehatan secara rutin, aktivitas fisik berupa senam, serta makan buah dan sayur setiap hari”, tuturnya dihadapan awak media.

“Masyarakat juga sangat antusias, semua kegiatan kita hari ini didukung penuh warga bahkan beberapa lintas sektor berperan dalam program GERMAS ini”, tutupnya.

Kegiatan lainnya adalah peningkatan pola hidup sehat melalui penyediaan fasilitas umum cuci tangan pakai sabun (CTPS) sederhana di berbagai titik.

Perlahan hasil penerapan GERMAS untuk mencegah penyebaran COVID-19 mulai terlihat. Warga makin disiplin menerapkan Prokes serta menjaga jarak satu sama lain. Tidak hanya itu, saat ini kian mudahnya menemukan fasilitas umum mencuci tangan yang mendorong warga semakin terbiasa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Pemerintah Indonesia terus menggaungkan hidup sehat sesuai amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Diketahui pada 2016, Presiden RI pun mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mensosialisasikan sudut pandang pelaksanaan upaya kesehatan yang lebih mengutamakan promotif dan preventif.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Berita Terkini

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top