Daerah

Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra Serahkan IPLT Ke Pemda Konawe

LANGITSULTRA.COM, KONAWE – Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan serah terima Intalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Kamis (7/1/2021) siang.

Sarana IPLT di Kabupaten Konawe, rampung dalam kurun waktu tujuh bulan dengan total anggaran kurang lebih lima miliar.

Guna memastikan berfungsinya fasilitas IPLT, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe meninjau langsung pengelolaan lumpur tinja. Sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar tempat fasilitas IPLT.

Sekda Kabupaten Konawe, Ferdinand mengatakan, dengan penyerahan fasilitas IPLT, Pemda Konawe sangat berterima kasih kepada Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra.

“Wajib kita syukur, jadi persoalan limbah di Konawe ini sudah ada solusi dan kedepan nantinya pasti akan sangat bermanfaat” ujarnya.

Sekda Kabupaten Konawe juga akan mengusulkan di DPRD terkait infrastruktur dasar penunjangnya seperti kendaraan pengangkut tinja. serta menyiapkan regulasi dan manajemen pengelolaannya.

Sementara itu Kepala Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra, Mustaba, mengatakan, di lihat dari finishingnya fasilitas IPLT sudah sesuai dengan dokumen perencanaan.

“Kita lihat konstruksinya juga cukup menjanjikan, dan meski pembangunannya sudah selesai masih ada tanggung jawab moral untuk melakukan pemantauan selama enam bulan kedepan”, terangnya.

Diketahui IPLT dirancang untuk mengolah lumpur tinja agar tidak membahayakan bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar, serta menurunkan kandungan zat organik dari dalam lumpur tinja.

 
Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Berita Terkini

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top