Daerah

Pangdam Hasanuddin Kini Bergelar La Ode Lakina Umanina Lipu

LANGITSULTRA.COM, BAUBAU – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kehormatan adat dan budaya sebagai Bangsawan Pemimpin Negeri oleh perangkat adat Kesultanan Buton yang dipimpin langsung Sultan Buton ke-40, H La Ode Muhammad Izat Manarfa, di baruga keraton, Kamis (24/12/2020) siang.

Gelar yang disematkan kepada jenderal bintang dua tersebut yakni La Ode Lakina Umanina Lipu atau Bangsawan Pemimpin Negeri.

Panglima Bagian Timur (Kapita Lao Matanaeo) La Ode Muhammad Arsal, saat menyampaikan penganugerahan menyampaikan, Kesultanan Buton memberikan gelar kehormatan kepada Pangdam Hasanuddin dengan gelar La Ode Lakina Umanina Lipu atau Bangsawan Pemimpin Negeri.

“Jadi yang mulia Pangdam Hasanuddin, kini resmi punya nama La Ode Sumangerukka”, ujarnya.

Muhammad Arsal juga menitipkan harapan warga Buton kepada Pangdam Hasanuddin. Kata dia, warga Buton sudah lama memimpikan untuk menjadi wilayah otonom baru yakni Provinsi Kepulauan Buton.

“Mudah-mudahan Pangdam Hasanuddin bisa menjadi penyambung lidah rakyat masyarakat Buton”, jelasnya.

Sementara itu, La Ode Sumangerukka saat menyampaikan sambutan menyampaikan rasa terimakasih atas penganugerahan gelar adat dan budaya Kesultanan Buton.

Kata Pangdam Hasanuddin, gelar La Ode merupakan amanah sekaligus kehormatan yang harus dijunjung tinggi. Baginya, gelar La Ode punya nilai luhur yang harus dipertanggungjawabkan,baik itu kepada para leluhur maupun kepada yang maha kuasa.

“Saya sendiri selalu merasa aman kalau menginjakan kaki di tanah Buton. Saya juga merasa Buton sudah seperti rumah saya sendiri”, paparnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Berita Terkini

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top