Daerah

KPU Kota Kendari Gelar Rapat Pleno Terbuka DPTHP Tahap Kedua

Rapat Pleno Terbuka DPTHP Tahap Kedua

LangitSultra.com, Kendari – Bertempat disalah satu hotel di Kota Kendari, telah berlangsung kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Kedua, Tingkat Kota Kendari Pemilu 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari ini turut dihadiri oleh pengurus Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, mengatakan dalam sambutannya Bahwa Sesuai UU. No 7 pasal 44 bahwa rapat pleno tingkat KPU Kota Kendari dinyatakan sah apabila dihadiri minimal oleh 3 orang anggota KPU, “Alhamdulillah rapat pleno hari ini dihadiri oleh seluruh Komisioner”, tandasnya.

Kegiatan Ini merupakan salah satu tahapan penting bagian penyelenggaran pemilu yakni tahapan Daftar Pemilih Tetap. Sejalan dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, PKPU No. 12 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih dan juga Surat edaran KPU RI Nomor 1429.

“Adapun poin penting yang harus dicermati kembali berdasarkan surat edaran KPU RI yaitu berkaitan dengan pemilih diatas 70 tahun, berkaitan dengan data ganda dan berkaitan dengan pemilih disabilitas”, terangnya.

Untuk menyusun daftar pemilih yang akurat baik KPU dan juga Bawaslu terus melakukan penyempurnaan DPT.

Suasana Rapat Pleno Terbuka DPTHP Tahap Kedua

Lebih lanjut ia menekankan “Apabila sudah terakomodir semua maka kita akan segera menetapkan DPT dan kita berharap agar semua dapat tuntas sehingga ini adalah merupakan DPT yang terakhir”, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan rekapitulasi oleh masing-masing PPK hasil perbaikan penyempurnaan DPTHP tahap kedua dari 64 Kelurahan sebanyak 971 TPS, Total Laki-Laki berjumlah 103.059 dan untuk Perempuan mencapai 105.787, dengan jumlah keseluruhan 208.846 orang.

Hasil rapat pleno ini dituangkan dalam Berita Acara Nomor : 142/PL.02.1-BA/7471/KPU-Kot/XII / 2018 dan ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Kota Kendari, yang kemudian diserahkan kepada pihak Bawaslu dan juga perwakilan dari Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Muhammad Asrul

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top