Gempabumi Mengguncang wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara

LangitSultra.com, Kendari – Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Barat Daya Kendari – SULTRA pada hari Senin tanggal 03 Desember 2018. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=2.8 terjadi pada pukul 14:46:28 WITA dengan episenter 4.10 LS – 122.52 BT sekitar 19.3 Km Barat Daya Kendari – Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 10 km.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang hingga keras dirasakan di wilayah Kendari (Anduonohu, Baruga, Mandonga) II-III MMI dan Konawe Selatan (Ranomeeto) dalam skala intensitas III MMI. Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang.

Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 15:09 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara.

Demikian Informasi awal yang dapat kami sampaikan.

Kendari, 03 Desember 2018

Rosa Amelia,S.Si
Kepala Stasiun Geofisika Kendari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.