Disdukcapil Baubau Kekurangan Tinta Khusus Pencetakan E-KTP

LangitSultra.com, Kendari – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau, Drs. H. Sahirun saat dimintai keterangan terkait kurangnya tinta khusus pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Disdukcapil Kota Baubau mengatakan, kurangnya tinta khusus ini disebabkan akibat banyaknya permintaan pencetakan KTP-e terutama saat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang menyebabkan sekitar 60 buah ribbon tinta khusus pengadaan tahun 2018 habis lebih awal. Untuk mengakali hal tersebut, Disdukcapil Kota Baubau terpaksa meminjam 5 buah ribbon dari Kabupaten Buton dan Kota Kendari agar pencetakkan e-KTP bisa tetap dilakukan.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa untuk tetap memaksimalkan pencetakkan KTP-Elektronik, Disdukcapil Kota Baubau sudah memproyeksikan penambahan 20 buah ribbon pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Baubau tahun 2018. “Selain menambah tinta khusus, Disdukcapil Kota Baubau juga akan meminta tambahan blanko e-KTP ke pemerintah pusat sebanyak 3.000 keping. Karena saat ini blanko e-KTP hanya tersisa sekitar 1.800 keping” tandasnya.

Untuk di ketahui bersama, bahwa pengadaan dua komponen penting e-KTP yakni ribbon dan blanko merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah pusat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pemerintah daerah juga bisa menganggarkan jika pengadaan APBN tidak mencukupi.

Bacaan Lainnya

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Ilyas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.