Daerah

Disdukcapil Baubau Kekurangan Tinta Khusus Pencetakan E-KTP

Foto : Google

LangitSultra.com, Kendari – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau, Drs. H. Sahirun saat dimintai keterangan terkait kurangnya tinta khusus pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Disdukcapil Kota Baubau mengatakan, kurangnya tinta khusus ini disebabkan akibat banyaknya permintaan pencetakan KTP-e terutama saat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang menyebabkan sekitar 60 buah ribbon tinta khusus pengadaan tahun 2018 habis lebih awal. Untuk mengakali hal tersebut, Disdukcapil Kota Baubau terpaksa meminjam 5 buah ribbon dari Kabupaten Buton dan Kota Kendari agar pencetakkan e-KTP bisa tetap dilakukan.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa untuk tetap memaksimalkan pencetakkan KTP-Elektronik, Disdukcapil Kota Baubau sudah memproyeksikan penambahan 20 buah ribbon pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Baubau tahun 2018. “Selain menambah tinta khusus, Disdukcapil Kota Baubau juga akan meminta tambahan blanko e-KTP ke pemerintah pusat sebanyak 3.000 keping. Karena saat ini blanko e-KTP hanya tersisa sekitar 1.800 keping” tandasnya.

Untuk di ketahui bersama, bahwa pengadaan dua komponen penting e-KTP yakni ribbon dan blanko merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah pusat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pemerintah daerah juga bisa menganggarkan jika pengadaan APBN tidak mencukupi.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Ilyas

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top