Literasi Digital Generasi Milenial, Cegah Hoax Dan Ujaran Kebencian.

LangitSultra.com, Kendari – Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi mengadakan Pekan Literasi 2018 pada hari selasa, (17/4/2018) bertempat di gedung Auditorium Mokodompit – Universitas Halu Oleo (UHO).

Dalam pekan literasi 2018 mengangkat tema “Seminar Nasional Literasi Digital Generasi Milenial” dimaksudkan untuk mencegah berita hoax serta ujaran kebencian.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Rachel Amanda Aurora artis ibukota yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menurut Amanda mahasiswa harus selektif dalam mengkonsumsi informasi, “mahasiswa itu harus mau mencari sumber pemberitaan media yang dibaca atau pun yang sedang ditontonnya biar nggak terjebak dalam Hoax”, tutur mantan artis cilik itu.

Adapun dua narasumber yaitu M. Djufri Rachim, S.P., M.Si dan Jumrana, S. Sos., M. Sc yang memaparkan isu hangat tentang
Hoax, ujaran kebencian dan bagaimana membedakan berita HOAX dan bukan HOAX.

Salah satu narasumber Jumrana mengungkapkan “anak umur sekitar 13 sampai 18 tahun itu yang banyak lupa tentang dampak. Orang tuanya harus bertindak serta bisa mengontrol dan mengawasi ketika anak berinteraksi di media sosial”, pungkasnya.

Sedikitnya sekitar 800 orang mahasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini yang tergabung dalam berbagai fakultas dan perwakilan dari setiap jurusan.

Reporter : Indra
Editor : Accul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.