Daerah

7 Larangan Sakti Bawaslu Bagi Aparatur Sipil Negara

Foto : By Google

LangitSultra.com, Kendari – Pesta demokrasi di Indonesia mulai bergulir dan telah memasuki berbagai tahapan, untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) dijadwalkan pada 27 Juni 2018 Mendatang.

Dimana potensi kecurangan dapat saja terjadi seperti Kampanye Hitam, Isu SARA serta yang menjadi sorotan adalah mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk mencegah hal tersebut Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengeluarkan 7 larangan sakti demi menjaga netralitas bagi aparatur negara.

Berikut 7 larangan sakti bagi ASN yang meliputi:
1. Dilarang mendeklarasikan diri sebagai calon kepala daerah.
2. Dilarang memasang spanduk promosi calon kepala daerah.
3. Dilarang mendekati partai politik terkait dengan rencana pengusulan dirinya atau orang lain sebagai bakal calon kepala daerah.
4. Dilarang mengunggah, memberikan like, mengomentari dan sejenisnya, atau menyebarluaskan gambar maupun visi misi bakal calon kepala daerah melalui media online maupun media sosial.
5. Dilarang menjadi pembicara pada kegiatan pertemuan partai politik.
6. Dilarang foto bersama bakal calon kepala daerah.
7. Dilarang menghadiri deklarasi bakal calon kepala daerah, dengan atau tanpa menggunakan atribut partai politik.

Pelanggaran netralitas ASN akan diberi sanksi administratif dan atau sanksi hukuman disiplin mulai dari penundaan kenaikan gaji berkala sampai pada pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.

Tim Redaksi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top