Daerah

Pesona Tak Tergantikan Air Terjun Tiku Uareu Dan Kolam Bidadari

Lokasi : Kawasan Taman Wisata Alam Mangolo, Kab. Kolaka, Sulawesi Tenggara

Langitsultra.com, Kolaka – Destinasi wisata alam memang tidak ada habisnya jika kita ingin mengeksplorasi lebih dalam, khususnya di Sulawesi Tenggara yang kian hari semakin banyak komunitas maupun orang-orang yang sadar akan pengaruh pariwisata alam yang dapat dikembangkan sebagai sarana memperkenalkan dan juga promosi daerah.

Di Kolaka terdapat objek wisata alam yang harus di kunjungi bagi pecinta traveling yaitu air terjun tiku uareu dan kolam bidadari begitu orang menyebutnya. Lokasi tersebut terletak dikawasan Taman Wisata Alam Mangolo, Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Laatambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Untuk ke lokasi air terjun tiku uareu dibutuhkan waktu hanya 30 menit menuju gerbang Taman Wisata Alam Mangolo dari pusat Kabupaten Kolaka. Setelah itu kita akan memulai trekking dengan estimasi waktu kurang lebih 2 jam untuk dapat mencapai kolam bidadari. Pertama kali ketika akan menyusuri sungai ulunggolaka, kita akan di sambut dengan buih-buih dan sumber mata air panas kecil dengan aroma khas belerang di pinggiran sungai tersebut sebagai tanda untuk mengawali perjalanan menuju air terjun tiku uareu. Medan yang dilalui lumayan menguras energi dan tenaga mulai dari naik turun bukit, berjalan melewati sungai, hingga berjalan di atas batang pohon besar membuat adrenalin semakin tertantang. Sebaiknya sangat kami sarankan sebelum pergi untuk mempersiapkan logistik ataupun bekal yang memadai selama perjalanan. Untuk air tidak perlu khawatir, karena air sungai Mangolo dapat langsung diminum karena kejernihan dan keasrianya masih sangat terjaga.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kita ke kolam bidadari yang terletak di atas air terjun tiku uareu, jalan menanjak dan cukup curam akan menghiasi perjalanan kita menuju kolam yang konon kata masyarakat setempat menjadi tempat mandi para bidadari. Namun semua lelah itu terbayar lunas dengan keindahan kolam yang jernih dan segar dapat membuat kita ingin berlama-lama dan betah di tempat tersebut.

Setelah puas bermain di kolam bidadari anda tinggal turun ke Lokasi air terjun tiku uareu yang berada di bawah kolam bidadari dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dengan debit air yang besar menjadi salah satu air terjun paling indah yang dapat anda temui di kawasan ini. Suara derasnya air yang terdengar membuat kita seakan ingin bergegas lari menuju sumber air terjun tersebut. Hembusan angin tampias air terjun membuat kita merasa sejuk dan sedikit basah walau berjarak 10 meter dari jatuhnya air terjun tersebut.

Namun sangat disayangkan aliran sungai air terjun ini yang masih berada dalam kawasan konservasi alam, sempat di jadikan lokasi penambangan emas liar yang dapat mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan dan merugikan warga setempat.

Penulis : Ar Rasyid Ilyas

Editor : Accul

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top